Komunikasi Terjalin, Maka Pintu Penerimaanpun Terbuka dengan Sendirinya

Membangun komunikasi dengan masyarakat memang bukan perkara yang mudah, tetapi juga bukan perkara yang sulit. Bisa dibilang susah-susah gampang. Ada beberapa orang mengatakan bahwa “kita tidak akan kesulitan untuk melakukan kegiatan bersama dengan masyarakat, asalkan masyarakat sudah bisa menerima keberadaan mereka di tengah-tengah mereka. Maka  agar masyarakat mau menerima kita kuncinya adalah ketika kita mampu membangun komunikasi dengan baik terhadap mereka”. 

Barangkali pernyataan tersebut ada benarnya. Ketika kita mampu berkomunikasi dengan baik dan mereka menangkan dan paham dengan apa yang kita sampaikan kepada mereka, disitulah pintu penerimaan kita terbuka. Harap saya hal itu adalah benar adanya. Pasalnya, beberapa hari yang lalu saat saya pertama kali mendatangi beberapa tokoh masyarakat Dusun Sukorejo, Desa Duyungan, Kabupaten Sragen, respon yang kami tangkap dari mereka masih sangat beragam bahkan terkesan curiga atau kurang bisa menerima.

Akan tetapi setelah upaya koordinasi kami lakukan dengan pihak PT. JAPFA COMFEED Unit Sragen untuk mengkonfirmasi serta memastikan beberapa hal terkait dengan respon masyarakat, serta upaya pemberian pemahaman kepada tokohternyata ada hal yang berbeda saya dapatkan. Hari Selasa, 20 Februari 2018 saya dan salah satu teman divisi program (Jarot) melakukan koordinasi dengan pihak JAPFA yang kemudian kita lanjutkan dengan koordinasi ke beberapa tokoh untuk meminta masukan terkait rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam minggu-minggu ini. Hasilnya ternyata mereka menyambut dengan baik dan sangat kooperatif dengan maksud dan tujuan kami. Dengan cekatan mereka memberikan masukan terkait waktu, tempat serta siapa-siapa saja yang akan dilibatkan.

Hal inilah yang bagi kami menjadi pintu bagi kami untuk bisa diterima oleh masyarakat Dusun Sukorejo, Desa Duyungan, Sragen ke depannya. Sehingga dalam menjalankan program pengelolaan sampah dan pengembangan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Dusun ini disambut baik dan mendapatkan dukungan sepenuhnya dari seluruh masyarakat Sukorejo.

 

Solo, 21022018

~Osh~

 

 

Tinggalkan komentar